Pembayaran listrik dapat dilakukan menggunakan aplikasi PLN Mobile (istimewa)


MEDANESE.COM | Medan - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara menghimbau pelanggan agar melakukan pembayaran tagihan listrik sebelum melakukan mudik lebaran 1445H/2024M. Hal ini ditujukan agar pelanggan dapat menikmati liburan lebaran dengan nyaman tanpa khawatir petugas datang kerumah dikarenakan belum melakukan pembayaran tagihan listrik.

Manager Sub Bidang Komunikasi & Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Surya Sahputra Sitepu menghimbau masyarakat untuk melakukan pembayaran tagihan listrik sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

“Agar mudik lebih nyaman, sebaiknya lakukan pembayaran tagihan listrik segera diawal bulan, agar suasana lebaran tidak terganggu saat berkumpul di Kampung halaman. Pembayaran tagihan listrik dapat dilakukan pada tanggal 2 atau 3 setiap bulan,” ucap Surya.

Surya menuturkan saat ini mengakses layanan PLN semakin mudah dan dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun tanpa harus datang ke kantor PLN. Melalui aplikasi New PLN Mobile, pelanggan dapat mengakses berbagai layanan PLN mulai dari Pasang Baru, Penambahan Daya, Penyambungan Sementara, keluhan dan Pengaduan, marketplace, listriQu, internet hingga mengetahui lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

Dalam wawancara terpisah, General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto juga menghimbau masyarakat untuk memastikan  keamanan kelistrikan saat akan meninggalkan rumah saat mudik lebaran (2/4/2024).

“Pelaksanaan mudik lebaran akan dimulai di minggu pertama ini. Sebagian masyarakat mulai bersiap melakukan mudik ke kampung halaman. Untuk itu, kami (PLN) menghimbau kepada para pemudik agar memastikan rumah yang ditinggalkan dalam kondisi aman,” tegas Saleh.


Berikut tips mudik aman ala PLN :

1. Pastikan alat elektronik dan instalasi listrik dalam kondisi aman.

2. Matikan aliran listrik yang tidak terpakai dengan mencabut dari stop kotak semua peralatan elektronik. 

3. Hidupkan lampu penerang seperlunya seperti lampu teras dan halaman.

4. Gunakan listrik secara resmi dengan memastikan bahwa listrik yang mengalir melalui kWh meter. Jika terjadi korsleting matikan pembatas.

5. Pastikan telah membayar listrik di awal bulan bagi pelanggan pascabayar atau mengisi token terlebih dahulu untuk mengantisipasi listrik padam. 


PLN juga memastikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dapat dipergunakan para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik. Terdapat 14 titik SPKLU tersebar di Sumatera Utara yang dapat di akses melalui fitur electric vehicle di aplikasi PLN Mobile.

Post a Comment