Apel siaga PLN Sumut (istimewa)

MEDANESE.COM | Medan - PLN siap menjaga pasokan kelistrikan menjelang arus mudik dan menyambut hari raya Idul Fitri 1445H/2024 dengan menggelar apel siaga kelistrikan di halaman parkir PLN UID Sumatera Utara (6/4).

Apel siaga kelistrikan dipimpin langsung oleh Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo secara online dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Paiton. Turut hadir General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto bersama Senior Manager Distribusi Khairul Lingga, Senior Manager Perencanaan MX Wahyu C Prasetyo, Senior Manager Niaga dan Management Pelanggan Donny Adriansyah, Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum Rizal Sirait, Manager Unit Pelaksana Pengatur  Distribusi Sumatera Utara (UP2D) Fahmy Albar dan Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Medan, Medan Utara, Binjai, Lubuk Pakam, Petugas Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dan Petugas Pelayanan Teknik. 

General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto mengatakan PLN pastikan keandalan pasokan listrik dalam menyambut dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H dalam kondisi NORMAL/AMAN. PLN juga telah menetapkan masa siaga Idul Fitri 1445H/2024 terhitung tanggal 03 hingga 18 April 2024.

“Daya mampu pasok sebesar 2.036 Megawatt, proyeksi beban puncak tertinggi mencapai 1.609 Megawatt dan cadangan daya sebesar 427 Megawatt. Sedangkan untuk system isolated Nias, daya mampu pasok sebesar 67 Megawatt, proyeksi beban puncak mencapai 41 Megawatt dan cadangan daya sebesar 26 Megawatt,” papar Saleh.

Ia menjelaskan, PLN telah menyiagakan 3.099 personil gabungan tersebar di 10 Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) dan 67 Unit Layanan Pelanggan (ULP). Untuk mendukung operasional siaga, PLN telah mempersiapkan genset sebanyak 107 buah, 11 unit UPS, 56 unit Unit Gardu Bergerak (UGB), 3 unit UKB, 16 unit mobil crane, 216 unit sepeda motor, 146 unit mobil dan material cadangan gangguan tersedia dalam jumlah cukup. PLN juga memastikan 13 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dapat digunakan para pemudik yang menggunakan kendaraan listrik.

“Kami (PLN) telah pastikan seluruh peralatan pendukung tersebut dalam kondisi prima dan dapat dipergunakan jika dibutuhkan,” kata Saleh.

Dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat selama perayaan Idul Fitri 1445H. PLN menyediakan aplikasi yang dapat dipergunakan masyarakat jika membutuhkan layanan PLN melalui aplikasi PLN Mobile. Aplikasi ini memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengakses seluruh layanan PLN hanya dalam satu genggaman. Melalui aplikasi PLN Mobile masyarakat dapat mengetahui lokasi Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), sehingga pengguna kendaraan listrik tidak perlu khawatir menggunakan kendaraannya untuk melakukan mudik lebaran karena PLN telah mempersiapkan 13 SPKLU yang tersebar di jalur yang akan dilintasi oleh para mudik.

“Kita siap menjaga kelistrikan selama siaga lebaran Idul Fitri tahun ini, mari kita jaga momentum ini, mari kita tingkatkan kesiapsiagaan kita terhadap keluhan dan gangguan yang terjadi, segera lakukan upaya percepatan pemulihan dan utama SOP dan keselamatan saat bertugas,” tegas Saleh.

PLN juga menghimbau masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran agar melakukan membayar tagihan listrik sebelum jatuh tempo dan mencabut peralatan listrik yang tidak digunakan sebelum meninggalkan rumah agar terhindar dari kebakaran.

Post a Comment