MEDANESE.COM, Medan - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara berkolaborasi dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut dalam mengembangkan program kampung bahari nusantara sebagai upaya meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat dengan memberikan bantuan tahap pertama di Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara pada Sabtu (30/12/2023).

Penyerahan bantuan tahap I ini dihadiri oleh Bupati Serdang Bedagai yang diwakili Staf Ahli Bupati Zulfikar, Danlatamal I Belawan diwakili Paban Komsos Potmar Mayor Laut (KH) Sahala Sinaga, S.E, Kepala Bidang Pariwisata Serdang Bedagai Nurcita, Kepala Kecamatan Tanjung Beringin Elmiati, Kapolsek Tanjung Beringin T.B. Sihombing, Danramil Tanjung Beringin Muzakkir, Kepala Desa Bagan Kuala Safril, Kelompok Sadar Wisata Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala. Turut hadir Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sumatera Utara Yasmir Lukman.

Dalam sambutan Komandan Pangkalan Utama TNI AL I Belawan yang diwakili oleh Paban Komsos Potmar Mayor Laut (KH) Sahala Sinaga, S.E mengatakan dalam telegram dari Kepala Staf Angkatan Laut terdapat lima pilar dimana salah satunya yaitu pariwisata. Saat ini, Lantamal I memiliki 2 program yakni kampung bahari nusantara yang dilaksanakan di Desa Bagan Kuala pada hari ini dan nantinya pada bulan Maret 2024 akan dikembangkan daerah pariwisata di Palu Puro.

“Kami mengajak seluruh stakeholder untuk berkolaborasi dan bersinergi bersama dalam mengembangkan Desa Bagan Kuala menjadi kawasan wisata sehingga dengan adanya kawasan wisata ini dapat membantu perekonomian Masyarakat Kawasan ini,” ujar Sahala.

Sahala juga mengajak masyarakat untuk dapat menjaga kelestarian kawasan ini agar setiap pengunjung merasa nyaman dan ingin datang kembali untuk menikmati keindahan pantai.

Bupati Kabupaten Serdang Bedagai yang diwakili staf ahli Bupati Zulfikar menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN UID Sumatera Utara melalui PLN Peduli dan Lantamal I Belawan yang telah memberikan bantuan di Desa Bagan Kuala.

“Kami optimis dengan potensi yang dimiliki Desa Bagan Kuala dapat menjadi salah satu objek wisata yang dapat menarik wisatawan untuk menikmati keindahan Pantai dan menyaksikan seni budaya khas melayu,” tegas Zulfikar.

Secara simbolis penyerahan bantuan tahap I dilakukan oleh Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID Sumatera Utara kepada kelompok sadar wisata Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala dengan menyerahkan seperangkat alat kebersihan dengan tujuan agar para kelompok tersebut dapat menjaga kebersihan dan kelestarian Pantai Merdeka.

Ditempat terpisah, General Manager PLN UID Sumatera Utara Awaluddin Hafid mengatakan penyerahan bantuan akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap I ini, bantuan yang diberikan berupa pembangunan fasilitas pendukung seperti pembangunan jembatan pintu masuk, toilet, tempat ibadah, gajebo serta jalan. Tahap selanjutnya akan terus dilakukan hingga kelompok sadar wisata Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala dapat mandiri.

“Semoga Pantai Merdeka dapat menjadi salah satu objek wisata baru. Hal ini sejalan dengan Sustainable Development Programs (SDGs) perusahaan yaitu pembangunan berkelanjutan di mana salah satu indikatornya adalah peningkatan kesejahteraan ekonomi Masyarakat,” tutur Awaluddin.

Pada kesempatan yang sama dilakukan penerbangan layang – layang sebagai simbolis Pantai Merdeka secara resmi telah dibuka dan dapat dipergunakan oleh Masyarakat dan para pengunjung lainnya.


Post a Comment