MEDANESE.COM, Medan - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN masih terus melakukan persiapan kelistrikan untuk kegiatan kejuaraan jet ski internasional (Aquabike World Championship) yang akan di gelar di Danau Toba pada 22-26 November 2023 mendatang. Saat ini, persiapan kelistrikan sudah mencapai 67 persen. 

Demikian dikatakan Senior Manager Distribusi, PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Utara, Khairul Lingga, saat memimpin langsung rapat pembahasan progres pekerjaan persiapan kelistrikan bersama PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bukit Barisan dan PLN UP3 Sibolga pada Jumat, 10 November 2023 kemarin. 

Khairul mengatakan progress pembangunan infrastruktur kelistrikan dalam mendukung pergelaran Aquabike World Championship masih terus dilakukan. Ia juga menyampaikan PLN akan menjaga pasokan kelistrikan di seluruh lokasi mulai dari lokasi perlombaan, hotel penginapan, bandara dan rumah sakit rujukan.

“Saat ini progress pembangunan infrastruktur kelistrikan menjelang Aquabike World Championship telah mencapai 67 persen. Seluruh persiapan kelistrikan ditargetkan akan rampung pada tanggal 17 November 2023”, ujar Khairul.

General Manager PLN UID Sumatera Utara, Awaluddin Hafid mengatakan nantinya setelah persiapan kelistrikan telah rampung, PLN akan melakukan uji coba skema pengamanan kelistrikan berlapis yang telah dipersiapkan.

“Kami telah mempersiapkan skema pengamanan berlapis selama pergelaran Aquabike World Championship berlangsung. Insya Allah simulasi pengamanan kelistrikan di lokasi akan di uji coba pada tanggal 19 November 2023,” pungkas Awaluddin.

Awaluddin juga menambahkan selain peningkatan keandalan kelistrikan, PLN juga akan mempersiapkan sebanyak 10 unit alat penyuplai daya tanpa padam (UPS), Unit Gardu Bergerak (UGB) sebanyak 5 unit dan penyediakan mesin generator listrik sebanyak sembilan unit.

“Progres persiapan kelistrikan menjelang Aquabike World Championship berjalan dengan baik. Jika seluruh persiapan telah rampung, kita (PLN) akan melakukan uji coba pengamanan berlapis yang telah dipersiapkan, sehingga pergelaran tersebut dapat berjalan dengan lancer dan sukses,” ungkap Awaluddin. 

Tidak hanya mempersiapkan keandalan pasokan listrik, PLN juga telah mempersiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang terletak di seputaran objek wisata Danau Toba (Balige, Pangururan dan Parapat). Nantinya, pengguna kendaraan listrik yang ingin melihat langsung Aquabike World Championship dapat melakukan pengisian baterai kendaraannya di SPKLU yang telah disediakan.

Post a Comment